KTSP Smart System |
- RPP, Silabus, KKM, Prota, Promes, SKKD, KKM Penjasorkes SMP Berkarakter
- Analisis Butir Soal Melalui Pendekatan Klasik
- Analisis Soal | Analisis Kualitatif
- Analisis Soal | Analisis Kuantitatif
- Analisis Soal
RPP, Silabus, KKM, Prota, Promes, SKKD, KKM Penjasorkes SMP Berkarakter Posted: 11 Jun 2012 05:55 AM PDT PENJASORKES BERKARAKTER SMP
|
Analisis Butir Soal Melalui Pendekatan Klasik Posted: 11 Jun 2012 04:32 AM PDT Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik. Kelebihan analisis butir soal secara klasik adalah murah, dapat dilaksanakan sehari-hari dengan cepat menggunakan komputer, mudah, sederhana, familier dan dapat menggunakan data dari beberapa peserta didik atau sampel kecil (Millman dan Greene dalam Depdiknas, 2010: 9). Disamping kelebihannya yang memudahkan pelaksanaannya, tes klasik memiliki beberapa kelemahan. Menurut Hambleton, Swaminathan, dan Rogers dalam Depdiknas (2010: 20) beberapa kelemahan klasik antara lain: (1) tingkat kemampuan dalam teori klasik adalah "true score". Jika tes sulit artinya tingkat kemampuan peserta didik mudah. Jika tes mudah artinya tingkat kemampuan peserta didik tinggi. (2) tingkat kesukaran soal didefinisikan sebagai proporsi peserta didik dalam grup yang menjawab benar soal. Mudah dan sulitnya butir soal tergantung pada kemampuan peserta didik yang dites dan kemampuan tes yang diberikan. (3) daya beda, reliabilitas, dan validitas soal/ tes didefinisikan berdasarkan grup peserta didik. Menurut Azwar (2007: 79) teori tes klasik memiliki keterbatasan yang mendasar antara lain pertama, hasil estimasi parameter tergantung pada karakteristik peserta ujian (group dependent). Hal ini berimplikasi pada tingkat kesukaran soal akan menjadi rendah jika tes diujikan pada kelompok peserta tes berkemampuan tinggi, dan sebaliknya jika tes diujikan pada peserta dengan kemampuan rendah, maka tingkat kesukaran tes itu akan tinggi. Kedua, hasil estimasi kemampuan peserta tergantung pada karakteristik butir soal (item dependent). Aspek yang perlu diperhatikan dalam analisis butir soal secara klasik adalah setiap butir soal ditelaah dari segi: tingkat kesukaran butir, daya beda butir, dan penyebaran pilihan jawaban (untuk soal bentuk obyektif) atau frekuensi jawaban pada setiap pilihan jawaban. |
Analisis Soal | Analisis Kualitatif Posted: 11 Jun 2012 04:31 AM PDT Analisis kualitatif sering disebut sebagai validitas logis yaitu berupa penelaahan yang dimaksudkan untuk menganalisis soal ditinjau dari segi teknis, isi dan editorial yang secara teknis berdasarkan prinsip-prinsip pengukuran dan format penulisan soal (Surapranata, 2004: 1). Analisis kualitatif adalah kegiatan memperhatikan, mengamati, dan memecahkan sesuatu (mencari jalan keluar) yang dilakukan oleh seseorang. Dalam analisis kualitatif mencakup pertimbangan validitas isi dan konstruk. Pada evaluasi hasil belajar analisis kualitatif terdiri dari tiga kriteria, yaitu : substansi materi, konstruk, dan bahasa. Pada soal objektif atau pilihan jamak dapat dikembangkan indikator analisis pada masing-masing kriteria sebagai berikut: a. Materi
|
Analisis Soal | Analisis Kuantitatif Posted: 11 Jun 2012 04:31 AM PDT Analisis soal secara kuantitatif menekankan pada analisis karakteristik internal tes melalui data yang diperoleh secara empiris. Karakteristik tersebut meliputi parameter soal tingkat kesukaran, daya beda, penyebaran pilihan jawaban, validitas dan reliabilitas (surapranata, 2004: 10). Analisis kuantitatif adalah penelaahan butir soal setelah soal tersebut digunakan dalam sebuah tes. Penelaahan soal secara kuantitatif maksudnya adalah penelaahan butir soal didasarkan pada data empirik dari butir soal yang bersangkutan. Data empirik ini diperoleh dari soal yang telah diujikan (Depdiknas, 2010: 9) Analisis kuantitatif mencakup pengukuran kesulitan butir soal dan diskriminasi soal juga termasuk validitas soal dan reliabilitas nya. Ada dua macam pendekatan yang digunakan dalam melakukan analisis butir soal secara kuantitatif yaitu pendekatan klasik dan pendekatan modern. |
Posted: 11 Jun 2012 04:31 AM PDT Analisis butir soal adalah suatu prosedur yang sistematis yang dilakukan pada butir soal, yang akan memberikan informasi-informasi yang penting dan khusus terhadap butir soal yang dibuat. Perlakuan yang diberikan kepada soal yang digunakan dalam sebuah tes merupakan sebuah keharusan untuk dilakukan agar pendidik mendapatkan informasi yang berguna untuk perbaikan pembelajaran. Soal adalah alat untuk mengukur sebuah kompetensi yang menjadi tujuan dari pembelajaran. Arikunto (2009: 205) Analisis soal adalah suatu alat yang digunakan untuk meningkatkan kualitas tes dan untuk mengumpulkan suatu materi yang bermutu tinggi. Analisis soal juga mampu memberikan indikator yang mana soal mudah, soal sulit dan soal salah serta mampu membedakan peserta didik.Tetapi terkadang analisis hanya mampu mendeteksi permasalahan tetapi tidak bisa memberikan pilihan penyelesaiannya. Ebel dan Frisbie (1991: 225) Analisis soal dilakukan untuk mengetahui berfungsi atau tidaknya sebuah soal. Analisis soal adalah sebuah perlakuan yang diberikan kepada soal dan kepada hasil tes untuk mengetahui beberapa karakteristik soal dan kualitas soal. Berfungsi atau tidak sebuah soal dapat dilihat apakah soal tersebut mampu tidak membedakan peserta didik yang menguasai kompetensi dan yang belum menguasai kompetensi. Surapranata (2004:1) Analisis soal terdiri dari dua macam yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif adalah analisis yang dilakukan sebelum soal digunakan sedangkan analisis kuantitatif adalah analisis setelah soal digunakan dalam sebuah tes. Analisis secara kualitatif berkaitan dengan isi dan bentuknya, sedangkan analisis kuantitatif berkaitan dengan ciri-ciri statistiknya. |
You are subscribed to email updates from KTSP Smart System To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |