Home » » KTSP Smart System

KTSP Smart System

KTSP Smart System


Pemindahan Lokasi PLPG Sertifikasi Guru Rayon 106 Universitas Negeri Padang (UNP)

Posted: 02 Jul 2012 06:34 AM PDT

Guru-guru peserta PLPG Sertifikasi Guru Angkatan 6 Tahun 2012 di lingkungan Kemdiknas Rayon 106 Universitas Negeri Padang, diinformasikan bahwa:
  1. Lokasi PLPG bagi Guru Kimia dan Teknik Kendaraan Ringan yang semula direncanakan di Graha Muslim, Bukittinggi, dipindahkan ke Hotel Benteng, Bukittinggi
  2. Lokasi PLPG bagi Guru Kelas SD rombel C dan D  Hotel Benteng yang semula direncanakan di Hotel Benteng, Bukittinggi, dipindahkan ke Graha Muslim, Bukittinggi.

Pemindahan Lokasi PLPG Sertifikasi Guru Rayon 106 Universitas Negeri Padang (UNP)

iTunes U - Aplikasi Pendidikan Anak untuk Proses Belajar Secara Digital di iPhone

Posted: 01 Jul 2012 07:53 PM PDT


iTunes U - Aplikasi Pendidikan Anak untuk Proses Belajar Secara Digital di iPhone
Aplikasi Pendidikan iTunes memungkinkan Anda untuk dapat mengakses course dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia. iTunes U merupakan aplikasi iTunes yang dapat melakukan hal ini. Anda dapat men-download semua program studi yang berada pada perguruan tinggi yang Anda inginkan, mempelajari materi yang diberikan, bahkan menyimpannya dalam perangkat iOS Anda.

Sebagai produk yang baru, tidak banyak program studi yang disediakan dalam aplikasi pendidikan anak iTunes U ini, hanya sekitar 30 jenis program studi pada awal perilisannya namun dengan fasilitas eBook lebih dari 500.000 bahan kuliah dan modul yang dapat diakses, semua itu tergantung juga pada program studi yang terdapat di universitas-universitas dunia yang membuka program tertentu. Biasanya pada akhir musim mereka menyediakan banyak program yang memungkinkan Anda untuk mengaksesnya lewat smartphone Anda. Dari program studi yang ditawarkan, banyak terdapat nama perguruan tinggi terkemuka yang telah memberikan kontribusi program mereka termasuk Yale, MIT, Harvard, dan berbagai perguruan tinggi dunia lainnya.

Aplikasi pendidikan anak iTunes U ini berguna untuk dapat berbagi tampilan iBooks yang akan menyediakan Anda sebuah rak buku digital dengan dokumen yang sudah Anda download sebelumnya. Dalam aplikasi pendidikan anak ini tersedia juga tombol yang langsung terhubung pada iTunes Store, fitur ini akan memudahkan Anda untuk melihat program studi apa yang sedang dibuka, kapan dan di mana diselenggarakannya. Top Charts untuk melihat program yang terpopuler, tombol Browse dan Search untuk mencari program dari berbagai perguruan tinggi dunia dan kelas yang dibuka.

Setelah Anda memilih program studi apa yang cocok untuk Anda, secara otomatis Anda akan terhubung untuk berlangganan gratis. Mekipun bahan program bisa Anda dapatkan secara gratis, sayangnya ada bahan-bahan tertentu yang harus Anda beli baik di iBookstore atau Apple App Store.

Selain itu, setelah Anda menetapkan pilihan program studi Anda, Anda dapat melihat gambar apapun yang Anda inginkan yang berkaitan dengan program studi yang Anda pilih, membaca tentang instruksi program studi, melihat gambaran umum program yang Anda ambil, dan melihat persyaratan yang perlukan. Anda juga dapat memanfaatkan tombol Posting di bagian bawah layar untuk mengirim komentar, pertanyaan, menonton video kuliah dengan streaming course dan Anda juga dapat men-download seluruh tugas yang diberikan pada program.

Aplikasi pendidikan anak iTunes U akan memberi akses kepada Anda untuk menyelesaikan program di universitas terkemuka dunia, ditambah lagi dengan adanya fitur eBook Software yang akan melengkapi kursus gratis ini lewat iPad, iPhone, atau iPod Touch Anda. Namun, untuk dapat menggunakan aplikasi pendidikan anak ini, smartphone Anda harus memiliki fasilitas perangkat operasi minimal dengan iOS 5. Kini Anda memiliki alat yang canggih untuk membantu Anda belajar kapanpun dan di manapun. Jika Anda berminat untuk menggunakan aplikasi ini, yang akan memberikan fasilitas edukasi tanpa batas silakan kunjungi link berikut. [FT]

PELAKSANAAN PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU DAN DOSEN

Posted: 01 Jul 2012 07:23 PM PDT

PELAKSANAAN PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU DAN DOSEN, Guru dan dosen adalah tenaga pendidik yang memiliki jabatan fungsional. 

Dengan terbitnya Keputusan Menkowasbangpan Nomor 38/Kep/MK.WASPAN/8/1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya, serta Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/93 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka dalam pembinaan karier kepangkatan, jabatan dan peningkatan profesionalisme guru dan dosen dilaksanakan sesuai dengan keputusan tersebut.

Dalam rangka pelaksanaan pembinaan karier, kepangkatan dan penetapan jabatan fungsional guru dan dosen, dibentuk Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru dan Dosen, baik Pusat maupun Daerah, yang bertugas melakukan penilaian dan penetapan angka kredit guru dan dosen. Penetapan Angka Kredit ini ditindaklanjuti dengan sosialisasi sekaligus pembinaan jabatan fungsional guru dan dosen.

Petugas Tim Penilai berasal dari :
  1. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian : Pusat Pendidikan, Standardisasi dan Sertifikasi Profesi PertanianBagian Umum, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP)
  2. Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian : Biro Organisasi dan Kepegawaian
  3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : Biro Organisasi Kepegawaian, Bagian Mutasi Dosen,Bagian Kepegawaian Ditjen Dikti

Kegiatan dilakukan 2 (dua) periode dalam 1 (satu) tahun yaitu bulan Juni dan Desember 2011dengan metode penilaian berkas DUPAK, pembahasan dan penetapan angka kredit. Jumlah DUPAK yang dinilai sampai dengan Desember 2011 sebanyak :
  1. 1.Untuk Guru SPP : 16 DUPAK dengan hasil :
  
No
Jabatan Fungsional Guru
Pengangkatan dalam
jabatan
Kenaikan jabatan fungsional

Jumlah
1
Guru Pratama   Tk.I
-
-
-
2
Guru Muda
-
-
-
3
Guru Muda Tk.I
-
-
-
4
Guru Madya
3
-
3
5
Guru Madya Tk.I
1
3
4
6
Guru Dewasa
-
4
4
7
Guru Dewasa   Tk.I
-
1
1
8
Guru Pembina
-
4
3
9
Guru Pembina   Tk.I
-
-
-

Jumlah
4
12
16
  

  1. 2.Untuk Dosen STPP, jumlah DUPAK yang dinilai sebanyak 40 DUPAK, dengan hasil :

No
Periode
Jabatan Fungsional yang diusulkan
Jumlah
1
Maret
Lektor Kepala
3
2
Juni
Lektor Kepala
9
3
Desember
Lektor Kepala
9

Jumlah

21

  1. I.PERMASALAHAN
    1. a.Pengusulan angka kredit Dosen untuk proses penilaian dan penetapan Kementerian Pertanian ada beberapa hal yang ditemui dalam proses penilaian dan penetapan antara lain : masih kekurangan berkas untuk bukti fisik sebagai dokumen pendukung, dalam pengusulan berkas DUPAK guru dan dosen tidak menggunakan box file untuk mempermudah penelusuran berkas dan untuk file dokumen.
    2. b.Perlu memperhatikan tata cara dan prosedur pengusulan angka kredit untuk proses penilaian dan penetapan angka kredit ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga tidak ada pengembalian berkas ke Pusat untuk proses lebih lanjut.
  1. II.SARAN
    1. 1.Sosialisasi tentang Pembinaan dan Pengusulan DUPAK Guru dan Dosen perlu dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan agar dapat di implementasikan dengan baik.
    2. 2.Perlu adanya kesepakatan dan ketetapan dalam pemberian penilaian angka kredit baik dalam unsur utama dan unsur penunjang
    3. 3.Dalam hal pengusulan angka kredit, diperlukan juknis dan pedoman penilaian angka kredit guru dan dosen yang diberlakukan di lingkungan Kementerian Pertanian agar lebih mudah dipahami dan diterapkan.
    4. 4.Diharapkan adanya bimbingan dan sosialisasi tentang jabatan fungsional guru dan dosen.
Perlu segera dibuatkan surat pemberitahuan kepada guru dan dosen yang belum memperoleh PAK agar melengkapi persyaratan kekurangan data yang bersangkutan.

Pendidikan Usia Dini Optimalkan Potensi Anak

Posted: 01 Jul 2012 07:17 PM PDT



Merancang waktu bermain dengan anak bukanlah hal yang mudah bagi para orangtua yang waktunya semakin sempit karena kesibukan kerja. Padahal, bermain merupakan bagian dari perkembangan anak yang  tidak bisa dilepas begitu saja, terutama anak usia dini yang sedang memasuki tahap usia emas.

Di usia emas (0-3) tahun anak membutuhkan banyak stimulus agar saraf-safaf di otaknya semakin berkembang sehingga kecerdasannya bisa optimal. Aktivitas yang tepat di usia ini akan mendukung perkembangannya kelak.

Beruntung karena kini sekolah anak usia dini makin banyak sehingga orangtua memiliki pilihan yang lebih beragam. Namun di sisi lain hal ini menimbulkan tantangan tersendiri dalam menentukan sekolah terbaik di antara sekian banyak tawaran. 

Para pakar perkembangan anak menuturkan, sekolah yang baik bukan diukur dari bangunan fisiknya saja tapi juga "kurikulumnya". Hendaknya sekolah tidak terlalu menekankan pada aspek kognitif saja tapi juga aspek lain seperti kecerdasan intelektual, emosi, sosial, serta psikomotorik anak.

Karena anak di usia dini masih memerlukan perkembangan motorik, sebaiknya pilih sekolah yang menyediakan fasilitas permainan yang sesuai dengan kebutuhan stimulasi anak.

Salah satu sekolah untuk anak usia dini yang telah berpengalaman lama, KindyROO, bisa menjadi pilihan. Sekolah yang didirikan 30 tahun lalu oleh Margaret Sasse di Melbourne, Australia, ini kini telah hadir di Jakarta, yakni di Kemang Square Jakarta Selatan.

Aktivitas yang dilakukan anak di KindyROO adalah kegiatan bermain yang terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. "Dengan menstimulasi otak anak di usia dini bisa membantu kemampuannya dalam menangkap atau menyerap pelajaran lebih cepat ketika mereka masuk sekolah," kata Paulin, principal di KindyROO Jakarta. 

Kegiatan kelas di KindyROO dimulai dengan bernyanyi bersama lalu dilanjutkan dengan berbagai aktivitas menarik di bawah bimbingan para pengajar berpengalaman. "Setiap lagu yang dinyanyikan, setiap permainan yang dimainkan, setiap aktivitas dirancang secara khusus untuk memaksimalkan kemampuan anak untuk belajar," kata Margareth Sasse, pendiri KindyROO.

Yang menarik selain mendidik anak, orangtua atau pengasuh anak juga bisa ikut terlibat dalam aktivitas anak sehingga mereka mendapat pengalaman cara-cara yang tepat untuk menstimulasi anak di rumah.

Setiap minggunya akan diberikan tema berbeda untuk menjadi panduan belajar. Demikian juga dengan permainan musik. Membiasakan anak bermain musik sejak dini dipercaya sangat penting dampaknya untuk membangun fondasi anak di bidang bahasa, matematika, ritme, dan juga seni.

Seluruh peralatan permainan yang tersedia didesain khusus untuk melatih anak melatih keterampilan motorik kasar, misalnya memanjat, melompat, merangkak, dan sebagainya. "Susunan dan setting alat permainan di tempat kami juga sering diganti untuk memberi tantangan baru," kata Paulin.

Aneka kelas

Untuk pendidikan anak usia dini, KindyROO membuka beberapa kelas mulai dari anak usia 6 minggu hingga di atas 4 tahun. 

Kelas yang tersedia untuk bayi usia 6 minggu sampai bayi yang sudah siap merangkak disebut kelas Non-mobile babies ditujukan untuk menstimulasi perkembangan motorik dan sensorik anak. Di kelas ini orangtua juga bisa menghabiskan waktunya bermain bersama bayi. Aktivitas utamanya adalah melatih kekuatan, keseimbangan, dan kesadaran tubuh pada bayi.

"Berbagai macam permainan positif di sini membuat saya tertantang melatih skill motorik anak," kata Deasy, ibu dari Sammy (5,5 bulan) yang memasukkan anaknya di kelas Non-mobile babies. 

Kelas selanjutnya adalah mobile babies bagi bayi-bayi yang sudah mulai merangkak. Aktivitas di kelas ini ditujukan untuk merangsang panca indera bayi seperti indera penglihatan dan pendengaran yang akan membantu perkembangan bahasanya.

Kemudian ada kelas untuk bayi yang sudah bisa berjalan hingga dua tahun. Kegiatan-kegiatan di kelas ini lebih difokuskan untuk melatih keterampilan tangan sambil membangun pengenalan bahasa.

Untuk anak yang lebih besar, usia 2-3 tahun, anak-anak diajak untuk lebih mandiri serta melatih konsentrasi anak. Anak-anak juga dilatih mendengarkan instruksi dengan baik dan diperkenalkan konsep kata yang lebih mendalam dari kelas sebelumnya.

Sementara itu untuk kelas anak usia 3-4 tahun anak diajak belajar mengikuti instruksi yang lebih rumit, bekerja sama dalam kelompok, dan juga belajar memecahkan masalah. Terakhir, untuk kelas anak berusia lebih dari 4 tahun, aktivitas yang tersedia dirancang untuk menstimulasi anak agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar di kemudian hari. (kompas.com)
Share this article :
 
Support : Toko Buku Adm | Adm Kepsek | Soal Ukg Online
Copyright © 2013. diva-consulting - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger