Home » » KTSP Smart System

KTSP Smart System

KTSP Smart System


bpsdmpk.kemdikbud.go.id | website resmi ukg online

Posted: 28 Jul 2012 07:15 AM PDT

website resmi ukg online bisa anda kunjungi disini http://psdmpk.kemdikbud.go.id atau http://ukg.kemdikbud.go.id/


Latihan UKG Online DISINI
Materi UKG Online DISINI
Kisi kisi UKG Online DISINI

ukg.kemdikbud.go.id | website resmi ukg online

Posted: 28 Jul 2012 07:13 AM PDT

Website resmi ukg online http://ukg.kemdikbud.go.id/ dan bpsdmpk.kemdikbud.go.id

Latihan UKG Online DISINI
Materi UKG Online DISINI
Kisi kisi UKG Online DISINI

ukgonline.ptkguru.com | website latihan ukg online

Posted: 28 Jul 2012 07:19 AM PDT

Guru peserta UKG Online dapat berlatih pada website berikut ini http//ukgonline.ptkguru.com


untuk menuju Website resmi ukg online silahkan klik tautan berikut ini http://ukg.kemdikbud.go.id/ atau bpsdmpk.kemdikbud.go.id

Latihan UKG Online DISINI
Materi UKG Online DISINI
Kisi kisi UKG Online DISINI

ukgonline.com | website latihan uji kompetensi guru ukg online

Posted: 28 Jul 2012 07:17 AM PDT

Latihan Soal UKG Online bisa dengan mudah anda praktekan pada website ukgonline.com. Pada situs ini guru bisa berlatih simulasi pelaksanaan ukg online yang sangat mirip dengan penggunaan software ukg online. silahkan kunjungi situs berikut ini http://ukgonline.com


Untuk menuju Website resmi ukg online silahkan klik tautan berikut ini http://ukg.kemdikbud.go.id/ atau bpsdmpk.kemdikbud.go.id

Latihan UKG Online DISINI
Materi UKG Online DISINI
Kisi kisi UKG Online DISINI

Latihan Soal UKG PKn SMP

Posted: 28 Jul 2012 01:24 AM PDT


UJI KOMPETENSI GURU
MATA PELAJARAN : PKn (SMP)


Petunjuk :
1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".



1. Berikut ini merupakan contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan

A.menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh
B. menjadi pengemis untuk menyambung hidup
C. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa
D. berani menentang kebijakan yang lebih populis


2. Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …

A.nilai hak kodrat
B. nilai pemersatu bangsa 
C. nilai religius
D. nilai demokrasi

3. Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …

A. menjunjung tinggi hukum yang berlaku
B. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
C. mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
D. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah

4. Istilah untuk menyebut perilaku atau sikap yang meniru budaya Barat adalah....

A. globalisasi
B. internasionalisasi
C. modernisasi
D. westernisasi

5. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...

A. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
B. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
C. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
D. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.

6. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...

A. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
B. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
C. Persatuan Indonesia;
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

7. Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …

A. nilai hak kodrat
B. nilai pemersatu bangsa
C. nilai religius
D. nilai demokrasi

8. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...

A. rakyat
B. warga negara
C. penduduk
D. setiap orang

9. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...

A. Ius Constituendum
B. Ius Soli
C. Ius Sanguinus
D. Ius Constitutum

10. Tujuan pokok dari hukum, adalah ...

A. keseimbangan
B. keselarasan
C. kepastian
D. ketertiban


HASIL JAWABAN

Jawaban Benar :
Jawaban Yang Salah Pada No:
Prosentase Hasil :




Latihan Soal UKG IPA SMP

Posted: 28 Jul 2012 01:21 AM PDT

LATIHAN UJI KOMPETENSI GURU
MATA PELAJARAN : IPA (SMP)

Petunjuk :


1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".
  1. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
    A.catatan pelajaran siswa
    B.catatan harian sikap siswa
    C.hasil pekerjaan siswa
    D.profil perkembangan siswa
  2. Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika
    adalah 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang
    diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah ...
    A.45,5
    B.56
    C.65
    D.70
  3. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
    A.acuan norma
    B.acuan kriteria
    C.gabungan
    D.acuan norma atau kriteria
  4. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65,
    dan sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika
    adalah 70% maka skor minimal untuk lulus adalah ...
    A.56
    B.52
    C.42
    D.68
  5. Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut
    adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10.
    Skor z Daffa adalah ...
    A.0,5
    B.0,9
    C.3,0
    D.3,5
  6. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
    A.dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
    B.Praktis
    C.dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
    D.dapat mengetahui prestasi kelompok
  7. Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
    A.PAK
    B.PAN
    C.PAG
    D.PAP
  8. Berapakah batas lulus ideal jika skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor
    rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9 ...
    A.54,15
    B.53,15
    C.57,10
    D.50,00
  9. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa
    adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
    A.41,5
    B.54,15
    C.56,6
    D.79,25
  10. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
    A.rata-rata kelompok
    B.kriteria yang telah ditetapkan
    C.persentase kemampuan siswa
    D.skor baku yang telah ditetapkan


HASIL JAWABAN



Jawaban Benar :
Jawaban Yang Salah Pada No:
Prosentase Hasil :


Latihan Soal UKG Bahasa Indonesia SMP

Posted: 28 Jul 2012 12:52 AM PDT


Uji Kompetensi Guru


Mapel Bahasa Indonesia (SMP)

Petunjuk :

1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".


  1. Bacalah penggalan tajuk rencana berikut dengan saksama!
    (1) Kebahagiaan tidak semata-mata ditentukan oleh banyaknya uang yang
    dimiliki oleh seseorang. (2) Uang memang penting untuk hidup, tetapi
    kebahagiaan seseorang tidak bergantung pada uang yang dimilikinya. (3)
    Jika kebahagiaan bergantung pada uang semata-mata, pastilah hanya
    orang-orang kaya saja yang menikmatinya. (4) Kenyataannya tidaklah
    demikian. (5) Banyak orang yang kaya harta, tetapi tidak bahagia. (6)
    Sebaliknya, banyak orang miskin harta, tetapi berbahagia hidupnya.
    Simpulan tajuk tersebut adalah …

    A.Uang merupakan sarana memperoleh kebahagiaan.
    B.Kebahagiaan tidak hanya tergantung pada uang.
    C.Kekayaan bisa menjadikan seseorang bahagia.
    D.Harta benda dapat menyenangkan seseorang.
  2. Predikat
    kota yogyakarta bukan hanya sekadar (1). Kota pelajar dan pariwisata
    melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan, ribuan industri
    kecil. Misalkan sovener (2). Hasil industri rumah tangga . hingga skala
    besar yang bertaraf. (3). Internasional model-model yang dihasilkan juga
    sesuai dengan trend (4). dunia.
    Kata tidak baku  yang terdapat pada paragraf tersebut  ditandai. Nomor……

    A.(1)
    B.(2)
    C.(3)
    D.(4)
  3. Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun.
    Bagian kalimat yang menyebabkan ketidak efektifan kalimat tersebut adalah….

    A.mereka, daripada
    B.kegiatan. Selalu
    C.daripada, sering
    D.daripada, yang
  4. Dari Ambon menuju Demak,
    Singgah sebentar di Semarang.
    Si Jalil mencuri kerak,
    …………..
    Bait di atas akan menjadi pantun yang sempurna jika dilengkapi dengan kalimat…..

    A.hitam hidungnya kena arang
    B.makan bersama di atas karang
    C.membawa kayu dan parang
    D.burung walet di dalam sarang
  5. Seminggu sekali saya meminjam novel remaja diperpustakaan.
    Kalimat yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah…..

    A.Tiap minggu, adik menari jangger Bali di sanggar bermodern
    B.Dua hari yang lalu, dia menangis tersedu-sedu dirumah bibi
    C.Kamis minggu depan, saya aka mengali bersam-sama ke klam pancing.
    D.Setiap hari Selasa , Anwar mengendari motor ke kantor.
  6.  Di dalam suka di dalam duka
    Waktu bahagia waktu ........ (1)
    Masa tertawa masa ........ (2)
    Kami berbuai dalam napasmu

    Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar memiliki kesamaan rima adalah ........

    A.(1) senang dan (2) bahagia
    B.(1) duka dan (2) cinta
    C.(1) senang dan (2) gembira
    D.(1) menderita dan (2) bahagia

  7. Budi, Reni , dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya …..sepakat
    berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli.
    Namun sayang, begitu sampai dirumah pak Ramli, keadaan sepi ….pergi pagi
    sekali. Begiru tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli. ………..mengatakan
    bahwa pak ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya
    ……pergi sebentar.
    Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…..

    A.kami ; dia ;beliau ; biliau
    B.kami : beliau ; beliau ; dia
    C.mereka ; beliau ; dia ; beliau
    D.mereka ; dia ; belau ; saya
  8. Harga
    minyak ………pasar Asia kembali turun meskipun tetap berada ….. level yang
    tinggi. Berdasarkan New York marcantile exchange harga minyak linght
    sweet bulan November mencapai 49,64% dolar AS per Barrel. Harga tersebut
    turun 49,64 dollarAS per barrel pada penutupan perdagangan.
    Kata depan untuk melengkapi paraggraf tersebut adalah…..

    A.untuk, di, dari
    B.pada, pada, daripada
    C.di, pada, dari
    D.pada, di, dari
  9.   Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali pembacaan naskah pidato adalah…..

    A.Hadirin yang saya hormati, izinkan menyampaikan pidato yang berjudul
    B.Hadirin yang saya hormati, untuk menghemat waktu, baiklah saya akan bacaankan pidato ini.
    C.Hadirin yang saya hormati, yang saya hormati, berikut ini saya sampaikan pidato Bapak……
    D.Hadirin yang saya hormati, saya akan menyanpaikan pidato yang ditulis oleh Bapak……
  10. Dua
    minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari
    santo, ibu sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu
    menyatakan pada anak-anak nya agar tetap hidup seperti apa yang
    dilakukan selama ini.  Jangan congkaka karena kakak mereka banyak
    membantu.
    Pesan atau amanat yang terkandung dalam cuplikan cerpen tersebut adalah…..

    A.Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya.
    B.Dalam hidup ini harus menunjukan kemampuan pada oranag lai .
    C.Dalam memberikan bantuan harus iklas
    D.  Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan.

 


HASIL JAWABAN


Jawaban Benar :
Jawaban Yang Salah Pada No:
Prosentase Hasil :

Standar Kompetensi Guru SD / MI

Posted: 28 Jul 2012 12:41 AM PDT

No.
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI
Kompetensi Pedagodik
1.
Menguasai karakteristik peserta
1.1
Memahami karakteristik peserta didik usia
didik dari aspek fisik, moral,
sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek
sosial, kultural, emosional, dan
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
intelektual.
spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia
sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
SD/MI.
1.3
Mengidentifikasi kemampuan awal peserta
didik usia sekolah dasar dalam lima mata
pelajaran SD/MI.
1.4
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
usia sekolah dasar dalam lima mata
pelajaran SD/MI.
2.
Menguasai teori belajar dan
2.1
Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
mendidik.
terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.
2.2
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam lima mata
pelajaran SD/MI.
2.3
Menerapkan pendekatan pembelajaran
tematis, khususnya di kelas-kelas awal
SD/MI.
3.
Mengembangkan kurikulum yang
3.1
Memahami prinsip-prinsip pengembangan
terkait dengan mata
kurikulum.
pelajaran/bidang pengembangan
3.2
Menentukan tujuan lima mata pelajaran
yang diampu.
SD/MI.
3.3
Menentukan pengalaman belajar yang
sesuai untuk mencapai tujuan lima mata
pelajaran SD/MI
3.4
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI
yang terkait dengan pengalaman belajar
dan tujuan pembelajaran.
3.5
Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik usia SD/MI.
3.6
Mengembangkan indikator dan instrumen
penilaian.
4.
Menyelenggarakan pembelajaran
4.1
Memahami prinsip-prinsip perancangan
yang mendidik.
pembelajaran yang mendidik.
4.2
Mengembangkan komponen-komponen
rancangan pembelajaran.
4.3
Menyusun rancangan pembelajaran yang
lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan.
4.4
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik
di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.5
Menggunakan media pembelajaran sesuai
dengan karakteristik peserta didik dan lima
mata pelajaran SD/MI untuk mencapai
tujuan pembelajaran  secara utuh.
4.6
Mengambil keputusan transaksional dalam
lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan
situasi yang berkembang.
5.
Memanfaatkan teknologi informasi
5.1
Memanfaatkan teknologi informasi dan
dan komunikasi untuk
komunikasi dalam  pembelajaran.
kepentingan pembelajaran.
6.
Memfasilitasi pengembangan
6.1
Menyediakan berbagai kegiatan
potensi peserta didik untuk
pembelajaran untuk mendorong peserta
mengaktualisasikan berbagai
didik mencapai prestasi belajar secara
potensi yang dimiliki.
optimal.
6.2
Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran  untuk mengaktualisasikan
potensi peserta didik, termasuk
kreativitasnya.
7.
Berkomunikasi secara efektif,
7.1
Memahami berbagai strategi berkomunikasi
empatik, dan santun dengan
yang efektif, empatik dan santun,  baik
peserta didik.
secara  lisan maupun tulisan.
7.2
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam interaksi
pembelajaran yang terbangun secara
siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik, (b) memberikan pertanyaan
atau tugas sebagai undangan kepada
peserta didik untuk merespons, (c) respons
peserta didik, (d) reaksi guru terhadap
respons peserta didik, dan seterusnya.
8.
Menyelenggarakan penilaian dan
8.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar.
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik lima mata pelajaran
SD/MI.
8.2
Menentukan aspek-aspek proses dan  hasil
belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan  karakteristik lima
mata pelajaran SD/MI.
8.3
Menentukan prosedur penilaian dan
evaluasi  proses dan hasil belajar.
8.4
Mengembangkan  instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar.
8.5
Mengadministrasikan penilaian proses dan
hasil belajar secara berkesinambungan
dengan mengunakan berbagai instrumen.
8.6
Menganalisis hasil penilaian proses dan
hasil belajar untuk berbagai tujuan.
8.7
Melakukan evaluasi proses dan hasil
belajar.
9.
Memanfaatkan hasil penilaian dan
9.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan
pembelajaran.
belajar.
9.2
Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan.
9.3
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan
evaluasi kepada pemangku kepentingan.
9.4
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
10.
Melakukan tindakan reflektif untuk
10.1
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran
peningkatan kualitas
yang telah dilaksanakan.
pembelajaran.
10.2
Memanfaatkan hasil refleksi untuk
perbaikan dan pengembangan lima mata
pelajaran SD/MI.
10.3      Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran lima
mata pelajaran SD/MI.
Kompetensi Kepribadian
11.
Bertindak sesuai dengan norma
11.1
Menghargai peserta didik tanpa
agama, hukum, sosial, dan
membedakan keyakinan yang dianut, suku,
kebudayaan nasional Indonesia.
adat-istiadat, daerah asal, dan gender.
11.2
Bersikap sesuai dengan norma agama yang
dianut, hukum dan norma sosial yang
berlaku dalam masyarakat,  serta
kebudayaan nasional Indonesia yang
beragam.
12.
Menampilkan diri sebagai pribadi
12.1
Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.
yang jujur, berakhlak mulia, dan
12.2
Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan
teladan bagi peserta didik dan
dan akhlak mulia.
masyarakat.
12.3
Berperilaku yang dapat diteladani oleh
peserta didik dan anggota masyarakat di
sekitarnya.
13.
Menampilkan diri sebagai pribadi
13.3
Menampilkan diri sebagai pribadi yang
yang mantap, stabil, dewasa, arif,
mantap dan stabil.
dan berwibawa.
13.2
Menampilkan diri sebagai pribadi yang
dewasa, arif, dan berwibawa.
14.
Menunjukkan etos kerja, tanggung
14.1
Menunjukkan etos kerja dan tanggung
jawab yang tinggi, rasa bangga
jawab yang tinggi.
menjadi guru, dan rasa percaya
14.2
Bangga menjadi guru dan percaya pada diri
diri.
sendiri.
14.3
Bekerja mandiri secara profesional.
15.
Menjunjung tinggi kode etik
15.1
Memahami kode etik profesi guru.
profesi guru.
15.2
Menerapkan kode etik profesi guru.
15.3
Berperilaku sesuai dengan kode etik guru.
Kompetensi Sosial
16.
Bersikap inklusif, bertindak
16.1
Bersikap inklusif  dan objektif terhadap
objektif, serta tidak diskriminatif
peserta didik, teman sejawat dan
karena pertimbangan jenis
lingkungan sekitar dalam melaksanakan
kelamin, agama, ras, kondisi fisik,
pembelajaran.
latar belakang keluarga, dan
16.2
Tidak bersikap diskriminatif  terhadap
status sosial ekonomi.
peserta didik, teman sejawat, orang tua
peserta didik dan lingkungan sekolah
karena perbedaan agama, suku, jenis
kelamin, latar belakang keluarga, dan status
sosial-ekonomi.
17.
Berkomunikasi secara efektif,
17.1
Berkomunikasi dengan teman sejawat dan
empatik, dan santun dengan
komunitas ilmiah lainnya secara santun,
sesama pendidik, tenaga
empatik dan efektif.
kependidikan, orang tua, dan
17.2
Berkomunikasi dengan orang tua peserta
masyarakat.
didik dan masyarakat secara santun,
empatik, dan efektif tentang program
pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
17.3
Mengikutsertakan orang tua peserta didik
dan masyarakat dalam program
pembelajaran dan dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik.
18.
Beradaptasi di tempat bertugas di
18.1
Beradaptasi dengan lingkungan tempat
seluruh wilayah Republik
bekerja dalam rangka meningkatkan
Indonesia yang memiliki
efektivitas sebagai pendidik, termasuk
keragaman sosial budaya.
memahami bahasa daerah setempat.
18.2
Melaksanakan berbagai program dalam
lingkungan kerja untuk mengembangkan
dan meningkatkan kualitas pendidikan di
daerah yang bersangkutan.
19.
Berkomunikasi dengan komunitas
19.1
Berkomunikasi dengan teman sejawat,
profesi sendiri dan profesi lain
profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya
secara lisan dan tulisan atau
melalui berbagai media dalam rangka
bentuk lain.
meningkatkan kualitas pendidikan.
19.2
Mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi
pembelajaran kepada komunitas profesi
sendiri secara lisan dan tulisan atau bentuk
lain.

Kompetensi Profesional
20.
Menguasai materi, struktur,
Bahasa Indonesia
konsep, dan pola pikir keilmuan
20.1
Memahami hakikat bahasa dan
yang mendukung mata pelajaran
pemerolehan  bahasa.
yang diampu.
20.2
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam
bahasa Indonesia.
20.3
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa
Indonesia sebagai rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
20.4
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan
menulis)
20.5
Memahami teori dan genre sastra
Indonesia.
20.6
Mampu mengapresiasi karya sastra
Indonesia, secara reseptif dan produktif.
Matematika
20.7
Menguasai pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya
dalam konteks materi aritmatika, aljabar,
geometri, trigonometri, pengukuran,
statistika, dan logika matematika.
20.8
Mampu menggunakan matematisasi
horizontal dan vertikal untuk
menyelesaikan masalah matematika dan
masalah dalam dunia nyata.
20.9
Mampu menggunakan pengetahuan
konseptual,  prosedural, dan keterkaitan
keduanya dalam pemecahan masalah
matematika, serta. penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
20.10
Mampu menggunakan alat peraga, alat
ukur, alat   hitung, dan piranti lunak
komputer.
IPA
20.11
Mampu melakukan observasi gejala alam
baik secara langsung maupun tidak
langsung.
20.12
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-
hukum ilmu pengetahuan alam dalam
berbagai situasi kehidupan sehari-hari.
20.13
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam,
termasuk hubungan fungsional
antarkonsep, yang berhubungan dengan
mata pelajaran IPA.
IPS
20.14
Menguasai materi keilmuan yang meliputi
dimensi pengetahuan, nilai, dan
keterampilan IPS.
20.15
Mengembangkan materi, struktur, dan
konsep keilmuan IPS.
20.16
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan
prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam
konteks kebhinnekaan masyarakat
Indonesia dan dinamika kehidupan global.
20.17
Memahami fenomena interaksi
perkembangan  ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, kehidupan agama, dan
perkembangan masyarakat serta saling
ketergantungan global.
PKn
20.18
Menguasai materi keilmuan yang meliputi
dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan
perilaku yang mendukung kegiatan
pembelajaran PKn.
20.19
Menguasai konsep dan prinsip kepribadian
nasional dan demokrasi konstitusional
Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta
tanah air serta bela negara.
20.20
Menguasai konsep dan prinsip
perlindungan, pemajuan HAM, serta
penegakan hukum secara adil dan benar.
20.21    Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan
norma kewarganegaraan Indonesia yang
demokratis dalam konteks kewargaan
negara dan dunia.
21.
Menguasai standar kompetensi
21.1
Memahami standar kompetensi lima mata
dan kompetensi dasar mata
pelajaran SD/MI.
pelajaran/bidang pengembangan
21.2
Memahami kompetensi dasar lima mata
yang diampu.
pelajaran SD/MI.
21.3
Memahami tujuan pembelajaran lima mata
pelajaran SD/MI.
22.
Mengembangkan materi
22.1
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI
pembelajaran yang diampu
yang sesuai dengan tingkat perkembangan
secara kreatif.
peserta didik.
22.2
Mengolah materi lima mata pelajaran SD/MI
secara integratif dan kreatif sesuai dengan
tingkat perkembangan peserta didik.
23.
Mengembangkan keprofesionalan
23.1
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara berkelanjutan dengan
secara\ terus menerus.
melakukan tindakan reflektif.
23.2
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan.
23.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan  keprofesionalan.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
dari berbagai sumber.
24.
Memanfaatkan teknologi informasi
24.1
Memanfaatkan teknologi informasi dan
dan komunikasi untuk
komunikasi dalam berkomunikasi.
berkomunikasi dan
24.2
Memanfaatkan teknologi informasi dan
mengembangkan diri.
komunikasi  untuk pengembangan diri.

Cara Membuat File Excel Expired

Posted: 27 Jul 2012 08:17 PM PDT

Ada banyak cara untuk membuat sebuah file Expired (tidak bisa dibuka setelah melewati masa tertentu). Hal seperti ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah aplikasi Trial berbasis Excel.
Salah satu caranya adalah dengan membatasi jumlah file tersebut dibuka, misalnya sampai 10 kali saja. Setelah dibuka 10 kali, maka ketika file dibuka langsung menutup diri atau bahkan menghapus dirinya sendiri.

Posting kali ini akan membahas salah satu cara yang dipaparkan di atas dengan memanfaatkan Registry Windows. Statement penting dalam contoh kali ini adalah: GetSetting dan SaveSetting. Kedua Statement ini berkaitan dengan pembuatan dan modifikasi sebuah key di Registry Windows.

Oke, misalnya kita akan membatasi penggunaan sebuah file maksimal 2 kali. Maka berikut contoh kode macronya di Workbook Mudule:


Setiap kali file ini dibuka, maka akan menambah nilai pada key Registry seperti berikut:


Dari tampilan Registry Editor di atas, kita bisa memahami bahwa kode SaveSetting berfungsi menuliskan entry pada registry yakni pada HKEY_CURRENT_USER\Software\VB and VBA Program Setting. kemudian teks pada SaveSetting adalah NamaAplikasi, Section, Key dan Nilai yang akan diisi. Sementara GetSetting berguna untuk melihat nilai pada Registry yang telah dibuat.

Dengan cara di atas, maka file hanya bisa dibuka maksimal 2 kali. Setelah lebih dari 2 kali, maka file akan langsung ditutup.

Sebenarnya, banyak sekali cara lain yang bisa digunakan. Apa yang diceritakan di sini hanya salah satu contoh saja.

Okkeh, demikianlah trik kali ini.
File Contoh saya protect VBA-nya dengan password : 123456. File bisa didownload di sini.

Tutorial Lengkap Microsoft Excel 2007 Bagi Pemula dan Menengah ke Atas

Posted: 27 Jul 2012 07:56 PM PDT

Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahan database sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel 2007.
Daftar Isi

A. Mengenal Sejarah MS. Excel

B. Lembar Kerja
  • Mengurutkan data
  • Menyaring data
  • Mencari Subtotal
M. Membuat Grafik

SEJARAH MICROSOFT EXCEL – [Kembali ke daftar isi]

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Masing-masing kategori memiliki toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses secara cepat dan mudah. Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:

Jenis-Jenis Pointer Ms. Excel – [Kembali ke daftar isi]

Berbeda dengan pointer dalam Microsoft Word, dalam Excel pointer selain berguna sebagai penunjuk cell atau objek juga dapat digunakan untuk operasi lain. Berikut beberapa jenis pointer dalam Excel beserta fungsinya.
JENIS POINTER FUNGSI
Loading … Memilih cell/range
Loading … Memindah cell dan objek
Loading … Memperlebar/mempersempit kolom
Loading … Memperlebar/mempersempit baris
Loading … Mengopi cell dan fungsi didalamnya
Tombol Penggerak Pointer Microsoft Excel – [Kembali ke daftar isi]

Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel 2007, anda dapat memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus untuk menggerakkan pointer/kursor. Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :
TOMBOL FUNGSI
Anak panah kanan (→) Menggerakkan pointer satu cell ke kanan
Anak panah kiri (←) Menggerakkan pointer satu cell ke kiri
Anak panah bawah ( ↓ ) Menggerakkan pointer satu cell ke bawah
Anak panah atas ( ↑ ) Menggerakkan pointer satu cell ke atas
Page Down Menggulung dokumen satu layar ke bawah
Page Up Menggulung dokumen satu layar ke atas
Ctrl + → Pointer ke kanak ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ← Pointer ke kiri ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↓ Pointer ke bawah ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↑ Pointer ke atas ke akhir data (tanpa selang)
Home Pointer ke awal baris
Ctrl + Home Ke awal worksheet (A1)
Ctrl + End Ke akhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa selang)
Alt + Page Down Menggulung dokumen satu layar ke kanan
Alt + Page Up Menggulung dokumen satu layar ke kiri
Ctrl + Page Down Pindah ke sheet berikutnya
Ctrl + Page Up Pindah ke sheet sebelumnya
Ctrl + F6 Pindah ke workbook berikutnya, untuk kembali ke workbook sebelumnya tekan Ctrl + F6
F6 Berpindah antar jendela jika jendela di bagi dua
Tab Menggerakkan pointer dalam worksheet yang diproteksi
Intruksi-intruksi Blok Ms. Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Intruksi menggunakan Mouse
PERINTAH FUNGSI
Klik batang kolom (Column Headers) Memblok 1 kolom
Klik batang baris (Row Headers) Memblok 1 baris
Klik + Seret mouse (drag) Memblok sekumpulan data (range)
Ctrl + Klik atau seret Memblok beberapa range
Intruksi menggunakan keyboard
TOMBOL FUNGSI
Shift + Anak panah kanan Memblok 1 cell ke kanan
Shift + Anak panah kiri Memblok 1 cell ke kiri
Shift + anak panah bawah Memblok 1 cell ke bawah
Shift + Anak panah atas Memblok 1 cell ke atas

MENGENAL WORKBOOK DAN WORKSHEET MICROSOFT EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Secara teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.
Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.
Cara Menambahkan Workbook Ms. Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:
  • Klik Office Button ( ) yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
  • Pilih New.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank Workbook.
  • Klik Create
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.
Cara Menambahkan Worksheet Ms. Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:

Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:

Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
  • Klik kanan pada salah satu tab worksheet
  • Pilih Insert
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
  • Klik OK.
Cara Mengganti Nama Worksheet – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:
  • Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
  • Pilih Rename.
  • Ketikkan nama baru.
Cara 2:
  • Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
  • Ketikkan nama baru
Cara Menghapus Worksheet – [Kembali ke daftar isi]
  • Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus
  • Pilih Delete
Cara Membuka Workbook Microsoft Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Open.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Klik Open
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Klik Open
Cara Menyimpan Workbook – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Save.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  • Klik Save
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  • Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  • Klik Save
Cara Menutup Workbook Microsoft Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Cara 1:
  • Klik Office Button.
  • Pilih Close.
Cara 2:

Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
Cara 3:

Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.

MENGENAL KOLOM, BARIS, CELL DAN RANGE MICROSOFT EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara Kolom dan Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.
Contoh:

Cell A1 => merupakan perpotongan antara kolom A dan baris 1

Cell D4 => merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4

Nama Cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dan memudahkan penulisan rumus/formula.
Contoh:

Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4

Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasa disebut dengan Range.
Contoh;

Range (A1:D4) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell A1 sampai D4.

Range (D7:H10) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10.

Range berguna untuk mendefinisikan beberapa cell untuk operasi aritmatika ataupun statistik.
Contoh:

=SUM(A1:D10) => merupakan perintah untuk menjumlahkan cell pada jangkauan/range A1 sampai D10.
Cara Menambah Cell Microsoft Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
  • Klik tab Home
  • Pilih kategori Cells
  • Klik tanda panah pilihan insert
  • Pilih Insert Cells
  • Pilih salah satu opsi pilihan yang tampil
  • Klik OK
Cara Menambah Garis pada Ms. Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk menambahkan baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
  • Klik tab Home
  • Pilih kategori Cells
  • Klik tanda panah pilihan insert
  • Pilih Insert Sheet Rows
Cara Menambah Kolom Microsoft Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk menambahkan kolom baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
  • Klik tab Home
  • Pilih kategori Cells
  • Klik tanda panah pilihan insert
  • Pilih Insert Sheet Columns

MENULIS TEKS DAN ANGKA DALAM CELL MICROSOFT EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk menuliskan teks dan angka dalam sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah, cukup dengan seleksi cell yang ingin diisikan teks/rumus dan ketikkan isinya.
Excel mengijinkan beberapa jenis pemasukan data antara lain :
  • Labels : Teks berisi keterangan seperti nama, alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan teks yang akan ditampilkan
  • Numbers : Teks berupa angka seperti 30, -198, 345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan angka akan ditampilkan. Penulisan karaktek koma(dalam format Indonesia)

    atau titik(dalam format Inggris) mendefinisikan angka decimal/pecahan.
  • Tanggal dan waktu : Excel mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali.

    Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.
  • Contoh : Tanggal : 27/10/2008 atau 27-10-2008, dan sebagainya Waktu : 13:30:00
  • Formula : Ekspresi untuk menghitung hasil numeric/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/formula dalam excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan.

    Contoh : =A3+D9  menjumlahkan cell A3 dan D9.
Cara Mengubah Isi Cell Microsoft Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 3 cara.

Cara 1:
  • Klik cell yang ingin diubah
  • Aktifkan formula bar dengan cara klik diarea formula bar.
Cara 2:
  • Klik dua kali cell yang ingin diubah
  • Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara 3:
  • Klik cell yang ingin diubah
  • Tekan tombol F2 pada keyboard.
  • Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara Menghapus Isi Cell – [Kembali ke daftar isi]

Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete. Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan memblok cell yang akan dihapus, kemudian tekan Delete.

PENGATURAN / FORMAT CELL MS. EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Untuk mengatur tampilan dan format dari cell dapat dilakukan dengan cara:
  • Klik tab Home
  • Pilih kategori Cells
  • Klik tombol Format
  • Pilih Format Cells (atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format cell.
Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah tab pilihan format, yaitu :

1. Numbering – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain :
Tabel 5
2. Alignment – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mengatur perataan dari cell.

Terdapat 4 buah pengaturan :

1) Text alignment

Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:

Horizontal : Perataan secara horizontal

Vertical :P erataan secara vertical
2) Text control

Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell

Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell

Merge cells : Menggabungkan cell
3) Right-to-left

Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
4) Orientation

Mengatur derajat kemiringan dari teks.
3. Font – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell
Terdapat 6 buah pengaturan :

1) Font

Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.
2) Font Style

Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:
  • Regular
  • Italic (cetak miring) (Ctrl+I)
  • Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)
  • Bold Italic (cetak tebal dan miring)
3) Size

Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
4) Underline

Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
5) Color

Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.
6) Effects

Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:
  • Strikethrough : efek coretan
  • Superscript : huruf berukuran kecil diatas karakter umum (seperti pangkat)
  • Subscript : huruf berukuran kecil dibawah karakter umum.
4. Border – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell
Terdapat 4 buah pengaturan :

Line

Digunakan untuk mengatur jenis garis
Color

Digunakan untuk mengatur warna garis
Presets

None : tanpa bingkai

Outline : memberi garis luar cell/range.

Inside : memberi garis dalam cell/range
Border

Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
5. Fill – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk memberi warna cell.
Terdapat 3 buah pengaturan :

Backgroud Color

Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
Pattern Color

Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
Pattern Style

Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell
6. Protection - [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.

RUMUS-RUMUS MICROSOFT EXCEL 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Salah satu kelebihan dari Excel 2007 sebagai program aplikasi pengolah angka adalah kemampuannya untuk melakukan proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah kaidah umum, namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan rumus " 3×112 " , maka kita menuliskannya pada Excel dalam bentuk " 3*11^2 ". Yang perlu diingat, penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda = . Sehingga contoh penulisannya " =3*11^2 ".
Cara Menulis Rumus Ms. Excel 2007 – [Kembali ke daftar isi]

Ada beberapa cara untuk menuliskan rumus/formula dalam excel.

Cara 1:
  • cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Kemudian ketikkan rumus yang anda inginkan pada formula bar, contoh : =F5-G5
Cara 2:
  • Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard. (disertai rumus tertentu jika perlu).
  • Kemudian klik cell tujuan pertama.
  • Ketikkan operator melalui keyboard
  • Kemudian klik cell tujuan kedua.
Cara 3:
  • Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Klik tombol insert function yang berada disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog.
  • Pada bagian select category pilih kategori rumus.
  • Kemudian pada bagian Select a function pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
  • Klik tombol OK, dan isikan data yang diperlukan.
  • Klik OK.
Cara Menyalin Rumus Excel – [Kembali ke daftar isi]

Ada 2 cara untuk menyalin rumus dari satu cell ke alamat cell lain:

Cara 1:
  • Klik/Blok cell yang akan disalin
  • Klik tab Home
  • Pilih kategori Clipboard
  • Klik tombol Copy (Ctrl+C)
  • Klik/Blok cell tempat penyalinan
  • Klik tombol Paste (Ctrl+V)
Cara 2:
  • Klik/Blok cell yang akan disalin
  • Arahkan ke pojok kanan bawah dari cell sehingga akan muncul tanda kursor +
  • Drag kursor kearah cell akan disalin (kanan/kiri/atas/bawah).
Operator Aritmatika – [Kembali ke daftar isi]

Operator Aritmatika dipakai untuk penghitungan dasar-dasar matematika, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain lain.
Macam macam operator aritmatika:

Tabel operator di sini
Hierarki adalah urutan pelaksanaan eksekusi suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk mempengaruhi urutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengelompokkannya menggunakan tanda kurung.
Alamat Relatif dan Alamat Absolut – [Kembali ke daftar isi]

a. Alamat Relatif

Jika kita punya sebuah rumus yang merupakan operasi dari beberapa cell, maka Excel akan menerjemahkan alamat relatif sebagai lokasi relatif suatu alamat cell atau range dari lokasi alamat lainnya.
Contoh : Pada Cell E5 berisi rumus " =E3*E4 ", Jika rumus tersebut di copy ke sel F5, maka akan otomatis berubah menjadi " =F3*F4 ".'
b. Alamat Absolut

Alamat absolut adalah alamat yang selalu bernilai sama meskipun rumusnya di copy kan ke manapun. Penulisan alamat absolut selalu ditambahkan tanda " $ " pada nama kolom dan/atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.
Terdapat 2 jenis alamat absolut:

1) Semi Absolut

Pada alamat semi absolut, penguncian hanya dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.
Contoh:
  • $C9 : Penguncian kolom C, dengan cara ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $C9 bukan D9, namun ketika dicopy kebawah alamat cell akan berubah menjadi $C10.
  • C$9 : Penguncian baris 9, dengan cara ini ketika cell dicopy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai C$9 bukan C10, namun ketika dicopy ke kanan alamat cell akan berubah menjadi D$9.
2) Absolut mutlak

Pada alamat absolut mutlak, penguncian akan dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.
Contoh:

Pada sel E3 kita isikan rumus " =E2*$E$2 ". Jika rumus itu kita kopikan ke sel F4, maka rumusnya akan menjadi " =F2*$E$2 ". Terlihat bahwa alamat E2 akan tetap. E2 disebut alamat absolut mutlak.

FUNGSI DALAM EXCEL – [Kembali ke daftar isi]

Sebagai sebuah pengolah angka yang canggih, Excel 2007 menyediakan bermacam macam fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Kategori fungsi yang disediakan antara lain :
  • Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan
  • Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu.
  • Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri.
  • Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik.
  • Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi.
  • Fungsi Database, untuk mengolah database.
  • Fungsi Text, untuk memanipulasi teks.
  • Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika.
  • Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range.
  • Fungsi Engineering, untuk pengolahan data teknik.
Masing-masing kategori fungsi terdiri atas beberapa fungsi yang berbeda satu sama lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Excel 2007 menyediakan banyak sekali fungsi dan sangat lengkap jenisnya.

FUNGSI YANG SERING DIGUNAKAN DALAM MS. EXCEL – [Kembali ke daftar isi]

1. SUM – [Kembali ke daftar isi]

Bentuk penulisan fungsi SUM adalah

=Sum(angka1;angka2;…)

Contoh

=Sum (3;10;1) => hasilnya 14
Jika Sum untuk menjumlah sel

=SUM(Sel1;Sel2;…)

Contoh:

=SUM(A1;B6;C8)
Jika Sum untuk menjumlah range

=SUM(range)

Contoh:

=SUM(A1:A5) => menjumlahkan Range A1 sampai A5
2. AVERAGE – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk menghitung rerata/ rata-rata.

Bentuk penulisannya adalah

=AVERAGE(nilai1;nilai2;…)
Contoh:

=AVERAGE(2;4;3) => hasilnya adalah 3

=AVERAGE(A1:A5) => mencari nilai rata-rata dari isi sel A1 sampai A5
3. MAX – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mencari nilai maksimal dari satu set data

Bentuk penulisannya adalah

=MAX(nilai1;nilai2;…)
Contoh:

=MAX(2;4;10;6;8)  hasilnya adalah 10

=MAX(A1:A5)  akan mencari nilai maksimal dari A1 sampai A5
4. MIN – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk mencari nilai minimal dari satu set data

Bentuk penulisannya adalah

=Min(nilai1;nilai2;…)
Contoh

=MIN(2;4;10;6;8)  hasilnya adalah 2

=MIN(A1:A5)  akan mencari nilai minimal dari A1 sampai A5
5. COUNT – [Kembali ke daftar isi]

Digunakan untuk menghitung berapa buah argumen yang berisi data numerik

Bentuk penulisannya adalah

=COUNT(argumen1;argumen2;…)
Contoh

=COUNT(2;"A";"B";5;7)  Hasilnya adalah 3

FUNGSI LOGIKA MICROSOFT EXCEL – [Kembali ke daftar isi]

1. NOT – [Kembali ke daftar isi]

Jika nilai argumen logika nya TRUE maka hasilnya akan bernilai NOT. Demikian juga sebaliknya.

Bentuk penulisannya

=NOT(nilai logika)
Contoh

=NOT(4>5) => hasilnya adalah TRUE
2. AND – [Kembali ke daftar isi]

Dipakai untuk menggabungkan nilai logika dari beberapa nilai logika menjadi satu nilai logika baru. Hasilnya akan bernilai TRUE bila seluruh logika yang digabungkan bernilai TRUE.

Bentuk penulisannya adalah

=AND(logika1;logika2;…)
Contoh =AND(5>1;3<7) => akan bernilai TRUE
3. OR – [Kembali ke daftar isi]

Sama dengan logika And namun, untuk logika Or hasilnya akan bernilai TRUE jika salah satu nilai logika yang digunakan bernilai TRUE. Akan bernilai False bila tidak ada nilai logika yang bernilai TRUE.

Bentuk penulisannya adalah

=OR(logika1;logika2;…)
Contoh:

=OR(5>1;9<7) => bernilai TRUE

=OR(5<1;9<7) => bernilai FALSE
4. IF - [Kembali ke daftar isi]

If adalah fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika.

Bentuk penulisannya

=IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah)
Contoh:

=IF(E4>80;"Lulus";"Gagal")  Akan menghasilkan "Lulus" jika E4>80,jika E4 kurang dari 80 maka hasilnya "Gagal".

FUNGSI PENCARIAN DAN RUJUKAN EXCEL - [Kembali ke daftar isi]

1. VLOOKUP - [Kembali ke daftar isi]

Fungsi Vlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no kolom (data tersusun secara vertikal).
Bentuk Penulisan

=VLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Kolom_Tabel_Rujukan;Rangelookup)
Contoh:

=VLOOKUP(C3;$F$3:$G$7;2;TRUE)

=VLOOKUP(C3;TABEL1;2;1)
2. HLOOKUP - [Kembali ke daftar isi]

Fungsi Hlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no baris (data tersusun secara horizontal).
Bentuk Penulisan

=HLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Baris_Tabel_Rujukan;Rangelookup)
Contoh :

=HLOOKUP(C3;$F$3:$I$4;1;FALSE).

=HLOOKUP(C3;TABEL2;1;0).

PENGOLAHAN DATABASE SEDERHANA DENGAN MICROSFT EXCEL 2007 - [Kembali ke daftar isi]

Selain dapat digunakan untuk menghitung angka dan statistik, Excel juga dapat digunakan untuk pengolahan sederhana. Dalam bahasan kali ini kita akan praktekkan cara memanfaatkan Excel untuk pengolahan data.
Share this article :
 
Support : Toko Buku Adm | Adm Kepsek | Soal Ukg Online
Copyright © 2013. diva-consulting - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger